Informasi tentang monitor pc, monitor gaming, monitor multimedia, monitor murah, monitor desain, monitor curved, dan monitor ultrawide.

Mengapa harus menggunakan monitor FreeSync?

Monitor yang ada saat ini masih banyak digunakan adalah dengan refresh rate 60Hz, sedangkan monitor dengan refresh rate 120Hz keatas masih jarang yang mempunyai dikarenakan monitor dengan refresh rate tersebut memang ditujukan khusus game. Dengan cepatnya perkembangan teknologi gpu maka teknologi monitor harus berkembang juga untuk mengimbangi hal ini. Maka dengan monitor 60Hz yang sekarang makin banyak kendala yang terjadi bila digunakan dalam bermain game.
Dalam bermain game, frame per second yang dihasilkan dari sebuah gpu bisa berfluktuasi naik turun menyesuaikan beban kerja dari sebuah game yang dijalankan. Semakin rumit dan detail jalan cerita sebuah game maka semakin lebar perbedaan maksimum dan minimum fps gpu. Sehingga hal ini menyebabkan dilema dalam bermain game.
Gpu yang sekarang banyak yang sanggup fpsnya melebihi refresh rate monitor yaitu di 60Hz. Sehingga yang sering terjadi adalah gpu mengirimkan frame ke monitor melebihi refresh rate monitor dan monitor memperlakukan hal ini dengan cara menyisipkan beberapa frame pada saat yang sama dalam layar monitor, akhirnya muncul yang namanya screen tearing dan ini terjadi saat V-Sync dalam kondisi OFF.

  • V-Sync OFF:
Seting ini membuat gpu mengirimkan frame ke layar monitor saat itu juga setelah dirender, tanpa menyesuaikan kesiapan refresh rate monitor dalam menampilkan frame sehingga tampilan layar menjadi seakan menumpuk dan tidak sinkron, sehingga menimbulkan screen tearing dan hal ini juga terjadi bahkan pada monitor dengan refresh rate 120Hz atau lebih bila yang terjadi fps gpu melebihi refresh rate monitor tersebut.
[Gambar] Screen Tearing
Screen Tearing
  • V-Sync ON:
Seting ini membuat gpu menahan frame hingga monitor siap untuk menayangkan sesuai dengan refresh ratenya. Hal ini tentu saja akan menghilangkan screen tearing, tapi masalah lain timbul yaitu input lag atau stutter dikarenakan ada waktu menunggu gpu hingga monitor siap menerima frame darinya. Dan hal ini terjadi juga dengan monitor 120Hz dan 144Hz. Tetapi stutter yang terjadi bisa lebih singkat, jika kamu mempunyai refresh rate monitor yang lebih tinggi, misal 120Hz dan 144Hz, (tentunya harganya lebih mahal). Jika kamu mempunyai gpu bagus yang mempunyai teknologi untuk membatasi fps yang dikeluarkan oleh gpu semisal Amd Frtc maka dengan teknologi ini fps yang dikeluarkan oleh gpu bisa stabil sehingga mengurangi masalah screen tearing dan stutter walaupun sebenarnya tidak benar-benar hilang sama sekali.
[Gambar] Stutter
Stutter
Salah satu solusi yang terbaik adalah dengan teknologi AMD FreeSync
Amd sebagai salah satu produsen terbesar gpu didunia telah menjawab tantangan atas dilema tersebut diatas dengan mengeluarkan sebuah produk teknologi Adaptive Sync (sinkronisasi yang bisa beradaptasi) yang dinamai FreeSync. Mereka telah bekerja sama dengan VESA (Video Electronics Standard Association) untuk mendukung teknologi ini dan kemudian mengeluarkan standar adaptive sync melalui media DisplayPort 1.2a, yang mana Amd telah menyertakan ke dalam produk gpu dengan Amd Radeon. Teknologi ini juga mulai diaplikasikan ke monitor dengan adanya monitor fitur freesync. Produsen-produsen monitor merk terkenal tersebut seperti, Aoc, Lg, Acer, Asus, BenQ, Phillips, Samsung dan Viewsonic.
Perlu diketahui, untuk dapat menggunakan kelebihan teknologi freesync, pengguna harus mempunyai monitor dengan fitur freeync melalui media koneksi DisplayPort, dan gpu yang mendukung freesync dalam hal ini hanya gpu radeon yang sudah dibenamkan fitur freesync dan yang lainnya tidak bisa. Tentu saja Amd telah menyiapkan software driver pada saat yang sama dengan dikeluarkannya produk monitor freesync dan gpu freesync.
Dengan freesync, Anda tidak akan menemui screen tearing ketika v-sync off dipilih karena refresh rate monitor beradaptasi dengan frame rate yang dikeluarkan gpu, dan tidak pula terjadi stutter karena dalam posisi v-sync on fps yang dikeluarkan gpu tidak membutuhkan jeda atau menunggu monitor karena refresh ratenya dapat beradaptasi dengan fps yang dikeluarkan gpu.
Perlu diketahui bahwa monitor freesync mulai dipasarkan sejak Maret 2015 dan hal ini akan memberikan angin segar kepada para developer game untuk mengimplementasikan kedalam game-gamenya dan para gamer untuk merasakan manfaatnya. Walaupun freesync ini pilihan opsional, diharapkan ke depannya semua monitor akan menyediakan fitur ini dalam produknya. Oleh karena itu sebuah monitor game yang bagus seharusnya mempunyai fitur ini.
Teknologi AMD FreeSync tidak dapat digunakan jika kamu menggunakan gpu lainnya atau dari Nvidia GForce, karena mereka mempunyai teknologi sendiri mengenai cara menghilangkan screen tearing dan stutter yaitu G-Sync. Untuk lebih jelasnya silakan baca melaui ini: G-Sync.
AMD FreeSync mempunyai beberapa keuntungan lebih dari Nvidia G-Sync, yaitu:
  • tidak perlu lisensi untuk menggunakan teknologi freesync
  • monitor freesync harganya terjangkau
  • tidak ada biaya lain-lain yang tersembunyi
Kabar bagusnya lagi adalah teknologi ini mendukung dan bekerja hingga pada refresh rate 240Hz, jadi Anda akan mudah untuk memilih monitor freesync dengan refresh rate yang bisa beradaptasi dengan kisaran refresh rate 60Hz, 120Hz, dan 144Hz yang sesuai dengan dana.
Beberapa produsen monitor besar seperti Aoc, Lg, Acer, Asus, BenQ, Phillips, Samsung dan Viewsonic sudah mulai melepaskan produknya dipasaran dimulai dengan monitor 60Hz, 120Hz, dan 144Hz degnan harga yang terjangkau sesuai denga kelas refresh rate monitor. Perlu diketahui, harga monitor freesync termahal masih lebih murah dari monitor g-sync paling murah.
FreeSync tidak membatasi dari jenis panel yang digunakan pada monitor. Jadi kamu kedepannya akan melihat monitor TN, IPS, dan VA panel mendukung teknologi ini.