Informasi tentang monitor pc, monitor gaming, monitor multimedia, monitor murah, monitor desain, monitor curved, dan monitor ultrawide.

Bermain Game dengan G-Sync

Didalam sebuah pc terdapat bermacam-macam komponen, termasuk cpu dan gpu. Semua software komputer membutuhkan cpu ini untuk berjalan sedangkan dalam bermain game dibutuhkan kekuatan cpu dan gpu digunakan bersama-sama. Developer game secara terus-menerus dan konsisten mengembangkan softwarenya dengan cara menggunakan secara optimal cpu dan gpu ini, karena gpu dan cpu juga teknologinya terus-menerus berkembang.
Monitor yang digunakan dalam bermain game saat ini biasanya mempunyai refresh rate sebesar 60Hz. Sedangkan gpu yang sekarang banyak yang sanggup frame per secondnya melebihi refresh rate monitor. Sehingga yang sering terjadi adalah gpu mengirimkan frame ke monitor melebihi refresh rate monitor dan monitor memperlakukan hal ini dengan cara menyisipkan beberapa frame pada saat yang sama dalam layar monitor, akhirnya muncul yang namanya screen tearing.
[Gambar] Screen Tearing
Screen Tearing
Solusi yang sudah ada adalah dengan mengaktifkan V-Sync ON, yang dapat menahan frame per second gpu sebesar 60 fps sehingga sama dengan refresh rate monitor 60Hz, tetapi dengan cara ini membuat permasalahan baru yaitu timbul stutter atau input lag.
[Gambar] Stutter
Stutter
Stutter ini sebagai akibat karena jeda waktu yang timbul karena gpu yang selalu menunggu monitor untuk memproses yang frame yang dikirimkannya dibatasi oleh monitor yang hanya 60 fps. Oleh karena itu stutter jarang terjadi bila monitor yang digunakan dalam bermain game mempunyai refresh rate lebih tinggi seperti 120Hz, 144Hz, atau lebih tinggi lagi.
Kabar baiknya adalah telah tersedia teknologi Nvidia G-Sync, yang diterapkan dalam gpu dan monitor. sehingga permasalahan screen tearing dan stutter dapat dihilangkan dalam bermain game.
Jadi, apakah sebenarnya Nvidia g-sync?
G-sync adalah sebuah teknologi hardware. Teknologi hardware yang digunakan dapat memanipulasi jeda waktu munculnya Vertical Blanking Interval (VBLANK). Vblank itu sendiri adalah waktu yang diperlukan monitor untuk memunculkan gambar dari satu frame ke frame selanjutnya.
Saat jeda tersebut, tidak ada frame dari gpu yang dikirim ke monitor. Saat g-sync aktif, gpu yang ada dalam pc menunggu hingga monitor siap untuk menerima frame darinya, berikut frame-frame selanjutnya. Sebuah g-sync berisi memori 768MB DDR3, yang berguna untuk menyimpan frame-frame sehingga dapat mengatur mana-mana yang akan dimunculkan di frame-frame sesudahnya. Sehingga baik gpu dan monitor tetap sinkron, dan hasilnya, menghilangkan screen tearing dan stutter yang muncul di layar monitor.
G-sync juga mendukung terhadap monitor dengan refresh rate yang berubah-ubah, kadang monitor menghasilkan beda refresh rate yang perbedaannya jauh sekali. Sinkronisasi antara gpu dan refresh rate monitor membuat gerakan animasi game di layar monitor benar-benar halus.
Produsen monitor g-sync dan gpu yang mendukung g-sync
Beberapa produsen monitor, seperti Asus, Phillips, BenQ, Aoc, dan Viewsonic, telah mengeluarkan monitor dengan fitur g-sync dibeberapa varian monitornya, pada saat teknologi ini dirilis. Dan perlu ditekankan bahwa monitor g-sync bisa berfungsi bila didukung juga dengan gpu yang dapat mengatur monitor tersebut yaitu gpu gforce dari Nvidia yang sudah mendukung g-sync sedangkan gpu lainnya tidak bisa. Tiga varian gpu gforce yang terjangkau saat ini adalah gtx960, gtx950, dan gtx750ti, dengan harga mulai dari 1.5 juta rupiah. Sedangkan gpu yang terbaru saat ini yang dipastikan support g-sync adalah gtx1080, gtx1070, dan gtx1060.
G-sync mempunyai saingan
Sejak Maret 2015, produsen lain juga telah telah mengembangkan sendiri dan memasarkan teknologi untuk menghilangkan screen tearing dan stutter, yaitu Amd dengan teknologi untuk menghilangkan screen tearing dan stuttering tersebut dengan nama Amd FreeSync. Untuk lebih detailnya silakan baca melalui ini: FreeSync.
Freesync ini tidak membutuhkan tambahan hardware kedalam monitor untuk memanipulasi vblank, selama monitor tersebut dihubungkan dengan gpu yang mendukung, dalam hal ini Amd radeon. Dan menurut keterangan dari Amd, gpunya mendukung monitor dengan refresh rate yang dapat berubah-ubah hingga beberapa generasi monitor kedepan.
Hal ini sangat menguntungkan konsumen, sehingga banyak pilihan dan tidak terjadi monopoli harga disini. Jadi musuh abadi screen tearing dan stuttering dalam bermain game telah ditemukan solusinya.
.