Informasi tentang monitor pc, monitor gaming, monitor multimedia, monitor murah, monitor desain, monitor curved, dan monitor ultrawide.

Lg 34UM68, Monitor IPS 34" Ultrawide sRGB 99%, FreeSync, & DAS

Monitor ultrawide adalah monitor dengan rasio 21:9. Rasio ini digunakan pada layar bioskop. Oleh karena itu untuk merasakan sensasi layar bisokop di rumah maka dibuatkanlah monitor dengan rasio tersebut. Tidak banyak produsen yang mau mengeluarkan di segment ini. Untuk sementara hanya Lg yang terus mengeluarkan monitor ultrawide salah satunya 34UM68.
[Gambar] Monitor IPS 34" Ultrawide sRGB 99%, FreeSync, & DAS
Lg 34UM68
Layar:
Monitor ini menggunakan panel IPS yang mempunyai kelebihan sudut pandang yang luas hingga 178° horizontal dan 178° dengan layar flat di ukuran 34", ukuran terbesar untuk layar monitor pc saat ini. Dengan resolusi Full HD atau 1080p dan speaker bulit-in MaxxAudio® 7W x2 maka kepuasan menonton bioskop dalam rumah akan terpenuhi. Didukung dengan gamut warna sRGB 99% monitor ini juga sesuai untuk pekerjaan desain atau pekerjaan yang membutuhkan akurasi warna.
Salah satu kelebihan yang pasti monitor ultrawide adalah pekerjaan multitasking dalam satu monitor dengan cepat dan mudah. Monitor tipe lain perlu pemasangan multi monitor untuk dapat menyamainya. Selain itu mendukung Dual EDID (Dual Linkup) sehingga seting monitor tambahan mudah dilakukan asal gpu yang dipakai mendukung untuk itu.
Fitur PIP dan PBP sudah disematkan dan bekerja hingga tingkat hardware sehingga dua sumber yang berbeda dapat dimunculkan dalam satu layar melalui konektornya yaitu dua hdmi dan satu displayport.
Untuk bermain game monitor ini benar-benar memanjakan penggunanya. Fitur yang ada sangatlah menunjang seperti freesync 40~75Hz, black stabilizer, dynamic action sync, dan response time 5 ms gtg. Dengan fitur-fitur diatas sudah masuk kategori monitor game sebenarnya. Dengan freesync tersebut selama masih dalam jangkauannya bisa menghilangkan screen tearing dan stutter, black stabilizer berguna untuk melihat di area gelap, dan dynamic action sync dapat mengurangi input lag, kombinasi yang sangat menggoda untuk gamer dan ditambah horizontal field of view (FOV) yang lebih lebar, sama seperti seting dual monitor tanpa bezel ditengah-tengahnya.
Satu kendala yang perlu diketahui bahwa tidak semua game mendukung ratio ultrawide. Bila tidak didukung maka solusinya dengan menggunakan window mode atau menggunakan resolusi yang paling mendekati dengan area hitam di kanan dan kiri. Selama nyaman dengan setingan tersebut maka tidak akan menjadi masalah atau dengan cara bermain game yang sudah mendukung ratio ultra wide, seperti 'battlefield 3', 'dirt 3', 'armed assault 3', dan 'portal 2'.
Pemasangan & Penggunaan:
Pemasangan dan pembongkaran mudah dilakukan asal mengikuti buku manual yang disertakan dalam pembelian monitor. Kontrol gerakan penyangga hanya menggunakan tilt -2° ~ 15° dan height adjustment (pengatur ketinggian) 120mm, tanpa dilengkapi dengan swivel dan pivot. Tetapi dengan itu saja sudah cukup karena monitor ini sudah ultra wide dan dengan panel ips sudah mempunyai sudut pandang yang luas sebesar 178° horizontal dan 178° vertikal. Sedangkan dasar penyangga menggunakan arcline stand yang kelihatan mewah dan kokoh, tapi agak sedikit gampang bergoyang bila terkena benturan.
Kontrol menu power menu dan kontrol menu lainnya sudah menggunakan joystick, sehingga mudah dan tidak repot. Dan bila software on screen control di install ke pc maka semua kontrol menu mudah dikendalikan dengan hanya klik mouse. Fitur spesial yang ada dalam monitor ini juga bisa dikendalikan dari sini seperti, black stabilizer, my display presets, screen split, color weakness, dan volume audio. Ditambah juga terdapat pintasan menu untuk game, seperti FPS game 1, FPS game 2, RTS game, dan custom. FPS (First Game Shooter) game 2 berguna untuk game FPS di area yang gelap.
Kelengkapan Fitur:
Mempunyai fitur flicker free dan reader mode (low blue light) sebagai fitur standar minimal. Fitur spesial yang ada di monitor ini adalah On Screen Control, My Display Presets, Picture In Picture (PIP), Picture By Picture (PBP), Screen Split, FreeSync, Dynamic Action Sync, Dual Linkup, Color Weakness, Black Stabilizer dan terdapat speaker built-in MaxxAudio® 7W x2. Color Weakness berguna untuk membedakan warna pada layar bagi pengguna yang buta warna parsial.
Konektor:
Monitor ini mempunyai konektor 1x displayport, 2x hdmi, dan audio output (headphone) sebagai alternatif pengganti speaker built-in monitor. Tidak terdapat 'usb hub', 'hdmi mhl', 'displayport mst' yang biasanya terdapat dalam monitor premium.

Spesifikasi Panel:
Kelas Ukuran Layar 34" Flat
Tipe Panel IPS
Gamut warna (CIE1931) sRGB 99%
Kedalaman Warna (Jumlah Warna) 8bit, 16.7 M
Pixel Pitch 0.312 (H) x 0.310 (V) mm
Aspect Ratio 21 : 9
Resolusi 2560 x 1080 @60 Hz
Brightness (tip.) 300 cd/m²
Contrast Ratio 1000 : 1
Digital Fine Contrast (DFC) Mega
Response Time (GTG) 5 ms
Sudut Pandang (CR≥10) 178° / 178°
Perlindungan Permukaan Anti glare, 3H

Konektor Input / Output:
DisplayPort 1x (ver 1.2)
HDMI 2x (ver 2.0)
[ Lokasi Konektor ] Belakang
Audio Out Ya

Frekuensi:
Horizontal Frekuensi 30 ~ 90 kHz
Vertikal Frekuensi 56 ~ 75 Hz

Resolusi:
Video (HDMI) 2560 x 1080

Tombol:
Jumlah Tombol (Termasuk Tombol Power) 1
Tipe Tombol Joystick
Warna LED (On Mode) Putih
Warna LED (Power Save Mode) Putih Berkedip
[ Lokasi Tombol ] Bawah

Fitur Spesial:
Picture Mode Custom, Reader, Photo, Cinema, Color Weakness, FPS Game 1, FPS Game 2, RTS Game, Custom Game
Reader Mode Ya
Ratio Wide, Original, Cinema 1, Cinema 2, 1 : 1
PIP
PBP
Ya (PIP Mode in Screen Split)
Ya
DDC/CI Ya
HDCP Ya
Intelligent Auto (Auto Adjustment) Ya
Key Lock Ya
Plug & Play Ya
Response Time Control Ya
Color weakness Ya
Flicker safe Ya
Automatic Standby Ya
Six Axis Control Ya
Smart Energy saving Ya
Super Resolution+ Ya
Screen Split Ya
On Screen Control Ya
FreeSync Ya (DisplayPort 40 ~ 75 Hz)
Lainnya Mode DAS (Dynamic Action Sync)
Black Stabilizer
Dual EDID (H/W), Dual Linkup
Speaker Built-in MaxxAudio® 7W x2

Warna:
Depan Hitam Glossy
Belakang/Penutup Hitam Glossy
Penyangga Hitam Glossy / Tekstur
Dasaran Hitam Glossy / Tekstur
Lainnya Hitam Glossy

Penyangga:
Bongkar Pasang Ya
Tilt -5° ~ 20°
Height Adjustment (Pengatur Ketinggian) 120 mm

Ukuran (Lebar x Tinggi x Kedalaman):
Produk dengan Penyangga 829.9 x 252.4 x 428.9 (bawah) mm
829.9 x 252.4 x 548.9 (atas) mm
Produk tanpa Penyangga 829.9 x 042.9 x 379.8 mm
Boks -
Ukuran Wall Mount (mm) 100 x 100 mm

Berat (kg):
Produk dengan Penyangga 8.0 kg
Produk tanpa Penyangga 6.0 kg
Boks -

Info Tambahan:
Kalibrasi Warna oleh Lg Ya
Jangkauan FreeSync DisplayPort 40 ~ 75 Hz
Mulai di Edarkan di Indonesia Juni 2016
Harga / Agustus 2016 ± Rp. 6.950.000,-
Garansi Lg Indonesia 1 Tahun Panel & Suku Cadang, 3 Tahun Servis

.